“Pengabdian Masyarakat Merupakan Bukti Nyata Peran Serta Mahasiswa terhadap Anak-Anak Berkebutuhan Khusus untuk Pengetahuan Hidroponik”

Pengabdian masyarakat merupakan langkah nyata bukti peran mahasiswa terhadap masyar_MG_0393akat. Mahasiswa dikatakan sukses adalah ketika ilmu dan pengalaman yang didapatkan dibangku kuliah diterapkan menjadi manfaat pada masyarakat. Selain itu, pengabdian masyarakat merupakan sarana belajar mahasiswa untuk meningkatkan soft skill jalinan sosial dengan masyarakat yang menjadi tujuan dari masa pembelajaran dan perkuliahan fakultas pertanian UMY. Untuk itu perlu adanya suatu kegiatan yang juga bermuatan soft skill maupun hard skill. Pada periode sebelumnya kegiatan pengabdian masyarakat HIMAGRO mengarah kepada pemberdayaan sumberdaya yang belum dimanfaatkan seperti pengolahan kotoran sapi menjadi Kompos dan pemberdayaan lahan kolam kosong menjadi sumber penghasilan pada masyarakat sekitar. Sedangkan pada periode ini program kerja bidang pengabdian masyarakat HIMAGRO mengarah kepada kegiatan sosial yakni mengajarkan teknik budidaya modern kepada teman-teman yang memepunyai kebutuhan khusus.

Tim Pengabdian Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada Sabtu, 12 Maret 2016, telah IMG_7488melaksanakan program kerja pengabdian, yaitu Pelatihan HISTERIA (Hidropnik sistem tanam modern, efektif, bersih dan Asri) sebagai solusi kreativitas bertanam Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Sasaran pelatihan ini yaitu para guru serta anak tuna grahita dan tuna daksa. Tingkat  SMP dan SMA. Salah satu tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan pertanian moderen yaitu hidroponik kepada anak-anak SLB Negeri 1 Bantul yang pada umumnya belum didapatkan pada sekolah reguler. Selain itu, memberdayakan anak-anak SLB N 1 Bantul agar memiliki sikap kreatif, mandiri, kecapakan, bertanggung jawab serta menjadikan pertanian meren sebagai bekal pengetahuan.

Diharapkan Pelatihan HISTERIA ini dapat mendorong ABK ( Anak Berkebutuhan Khusus) untuk mengembangkan daya kreativitas bertanam melalui pertanian. Sistem pertanian Hidroponik dianggap cocok dan dapapat dilakukan ABK. Sistem pertanian moderen hidroponik dengan menggunakan air sebagai media tanam dapat dirancang bentuk serta ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi ABK. Selain itu, sistem pertanian moderen hidroponik mudah untuk dilakukan, lingkungan tetap bersih, bernilai ekonomis, serta dapat sebagai penghijau lingkungan.

Acara ini didukung dengan sangat antusias oleh kepala sekolah beserta para guru SLBN 1 Bantul. Pemaparan Materi Pertanian Modern seperti Hidroponik dan vertkultur yang di sampaikan oleh Bapak Rudi Wiryawan selaku Laboran Green Haose FP UMY, kepada para guru SLBN 1 Bantul. Selanjutnya demostrasi pembutan rangkaian pun diikuti oleh para guru dan siswa(i) SLB N 1 Bantul. Para siswa(i) sangat tertarik dalam mengikuti demontrasi dan penanaman dalam paralon Hidroponik. Bahkan salah satu siswa ada yang sudah mengetahui apa itu hidroponik.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat dan kesadaran akan pentingnya ilmu bertanaman pada para guru maupun siswa(i). Serta memberi manfaat bagi kita juga untuk saling memberi dan mengayomi antar sesama manusia. Himagro ! Muda Berkarya!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s